Kamis, 20 Juni 2013

Manfaat uang

Beberapa manfaat dan kegunaan uang sebagai berikut.

1. Sebagai Alat Tukar yang Resmi dan Sah

Uang merupakan kebutuhan yang utama, meskipun kita tidak boleh mendewa-dewakan uang. Tetapi, pada kenyataannya tanpa uang kita akan merasa tidak berdaya. Segala sesuatu yang kita perlukan hampir semua diperoleh dengan menggunakan uang. Untuk mendapatkan berbagai jenis makanan kita memerlukan uang. Untuk mempunyai berbagai alat rumah tangga kita juga harus mempunyai uang

2. Sebagai Alat Pembayaran
Setiap orang yang bekerja pasti akan mendapatkan hasil, yaitu upah atau bayaran. Seorang buruh yang bekerja seharian akan mendapatkan upah atau bayaran berupa uang. Karyawan pabrik akan memperoleh bayaran setiap bulan. Demikian pula dengan pegawai, baik negeri maupun swasta akan menerima pembayaran berupa uang. Berbagai keperluan memerlukan uang sebagai alat pembayaran, misalnya membayar sekolah, membayar pajak kendaraan, membayar listrik, dan membayar telepon.

3. Sebagai Ciri atau Identitas Negara
Sejak ditemukan uang, segala pembayaran dan keperluan menggunakan uang. Mata uang di setiap negara berbeda-beda. Setiap negara di dunia ini memiliki mata uang sendiri-sendiri, misalnya sebagai berikut.

a. Mata uang Indonesia adalah rupiah.

b. Mata uang Malaysia adalah ringgit

c. Mata uang Jepang adalah yen.

d. Mata uang India adalah rupee.

e. Mata uang Arab Saudi adalah real.

f. Mata uang Inggris adalah poundsterling.

Dalam kehidupan masyarakat dewasa ini, uang memegang peranan yang sangat penting. Bahkan uang merukan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan[1]. Manfaat uang pun dapat dibedakan menjadi dua yaitu Fungsi asli atau fungsi primer dan Fungsi turunan atau sekunder[2].

1. Fungsi asli atau fungsi primer

Fungsi asli uang menunjukkan fungsi yang mula-mula melekat pada uang atau fungsi yang mengacu pada tujuan awal diciptakannya uang

a) Sebagai alat tukar umum (medium of exchange), yaitu uang berfungsi sebagai alat untuk pertukaran dan mengatasi kesulitan dalam pertukaran secara natura (barter). Dengan uang seorang dapat dengan mudah menukarkannya dengan apa yang dikenhendaki dan dibutuhkannya[3].

b) Sebagai satuan hitung (unit of account), yaitu uang berfungsi untuk menentukan nilai dari suatu barang atau jasa, serta untuk menentukan besarnya harga.





2. Fungsi turunan atau sekunder

a) Sebagai alat pembayaran (means of payment), uang berfungsi untuk melakukan pembayaran berbagai transaksi, misal pembayaran pajak, iuran, dan sebagainya.

b) Sebagai pembayaran utang (standard of deferred payment), uang berfungsi untuk melakukan dan menentukan pembayaran kewajiban atau digunakan untuk standar pembayaran utang.

c) Penimbun kekayaan artinya uang dapat disimpan telebih dahulu, yang nantinya akan mempermudah dalam pertukaran di masa mendatang.

d) Sebagai alat pembentukan modal dan pemindahan modal (transfer of value), yaitu uang berfungsi untuk menambah atau memperbesar modal usaha, baik dipergunakan sendiri maupun dipinjamkan kepada orang lain yang membutuhkan modal tersebut.

e) Sebagai ukuran harga atau pengukur nilai (standard of value), yaitu uang berfungsi sebagai alat untuk menentukan harga barang atau jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan.

Namun perlu diingat bahwa ada hal vital yang banyak kali dilupakan oleh orang kaya tentang uang dan manfaatnya, uang itu bukanlah tujuan, melainkan alat atau media untuk mencapai tujuan[4].

[1] Sukmayani, Ratna. Ilmu Pengetahuan Sosial 3 (Pusat pembukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2008) hlm 113
[2] Deliarnov, EKONOMI - Jilid 3 (PT. Gelora Aksara Pratama) hlm 8

[3] Sukmayani, Ratna. Hlm 114

[4] Johanes Lim, Ph. D, CPC. Just duit! (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2004) hlm 24

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar