Rabu, 25 Februari 2015

Pikiran/ Definisi Pikiran

Ofret Langga
=================================================================================================

mendefinisikan pikiran adalah sesuatu yang bisa dikatakan mudah tetapi tetapi gampang

menurut wikipedia (http://id.wikipedia.org/wiki/Pikiran)

Pikiran adalah gagasan dan proses mental. Berpikir memungkinkan seseorang untuk merepresentasikan dunia sebagai model dan memberikan perlakuan terhadapnya secara efektif sesuai dengan tujuan, rencana, dan keinginan. Kata yang merujuk pada konsep dan proses yang sama diantaranya kognisi, pemahaman, kesadaran, gagasan, dan imajinasi.

Berpikir melibatkan manipulasi otak terhadap informasi, seperti saat kita membentuk konsep, terlibat dalam pemecahan masalah, melakukan penalaran, dan membuat keputusan.

namun tentunya pikiran harus mencakup definisi apa itu gagasan dan proses mental

a. Gagasan

(KBBI), ide/gagasan adalah rancangan yang tersusun di pikiran

dengan demikiran gagasan adalah sebuah proses yang berawal dari, mengetahui-memahami-persepsi- gagasan

2. Proses Mental

Proses mental adalah suatu proses dimana suatu informasi/stimulus diterima oleh indra, diolah oleh pikiran, dan menghasilkan output ataupun respons

proses mental juga bukanlah sekedar sebuah kegiatan/kerja otak. tetapi proses mental juga adalah sebuah kegiatan berstuktur
(1) pengetahuan (knowledge); (2) pemahaman (comprehension); (3) penerapan (application); (4) mengalisis (analysis); (5) mensintesakan (synthesis); dan (6) menilai (evaluation).

dengan demikian Pikiran/definisi pikiran adalah

proses kerja/olah otak yang yang datang dari stimulus/informasi sebagai pengetahuan awal yang kemudian dipahami, dianalisa, mensintesa dan menciptakan persepsi, yang menghasilkan keputusan dan imajinasi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar